8 Cara Mengobati Radang Usus Tanpa Operasi

Cara Mengobati Radang Usus – Usus merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan yang berawal dari lambung sampai anus. Namun sayangnya, usus sering kali mengalami masalah. Salah satunya radang usus.

8 Cara Mengobati Radang Usus Tanpa Operasi

Radang usus adalah suatu kondisi dimana usus mengalami peradangan atau inflamasi. Kondisi ini sering kali digunakan untuk mengambarkan mengenai dua penyakit, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Kedua kondisi ini diakibatkan oleh peradangan kronis pada bagian sistem pencernaan (gastrointestinal) dan memiliki gejala yang sama. Namun, kolitis ulseratif hanya melibatkan usus besar (kolon). Sedangkan penyakit crohn bisa menyerang bagian mana saja dari sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga anus.

Selain itu, ada dua kondisi lain yang berkaitan dengan radang usus, yaitu kolitis collagenus dan kolitis limfosistik. Kedua kondisi ini lebih dikela sebagai kolitis mikroskopik dsn kedua kondisi ini merupakan jenis radang usus yang cukup langka.

Gejala Radang Usus

Radang usus atau dikenal juga dengan Inflammatory Bowel Disese (IBD) merupakan penyakit jangka panjang dengan gejala kambuhan. Selain itu, tingkat keparahan gejala juga bervariasi, mulai dari ringan atau sangat parah, tergantung dengan kondisi peradangan itu sendiri.

Akan tetapi, ada beberapa gejala umum yang sering muncul pada penderita radang usus. Berikut di antaranya :
mudah lelah

  • Nyeri atau sakit pada bagian perut (usus). Peradangan mempengaruhi pergerakan usus, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit bila ada gerakan.
  • Menurunya nafsu makan. Nyeri pada perut menyebabkan penderita radang usus mengalami penurunan nafsu makan.
  • Diare bercampur darah dan bersifat kambuhan. Darah yang keluar pada fases bisa berwarna gelap kehitaman, atau bisa juga tidak kasat mata namun tampak di mikroskop.
  • Demam.
  • Penurunan berat badan. Penurunan berat badan terjadi karena menurunnya nafsu makan, dimana tubuh tidak mendapatkan asupan makan yang cukup. Radang usus juga tidak mampu mencerna dan menyerap nutrisi makanan dengan baik.

Selain beberapa gejala diatas, kemungkinan ada gejala lainnya yang bisa terjadi. Untuk memastikannya anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait.

Penyebab Radang Usus

Hingga saat ini para ahli masih belum bisa memastikan apa penyebab dasar terjadinya radang usus. Namun ada beberapa faktor ynag diduga dapat memicu terjadinya peradangan ini. Seperti :

  • Usia. Meski kebanyakan penderita radang usus terjadi pada usia 30 ke bawah. Namun ada juga yang mengalami penyakit ini pada usia 50 atau 60 tahunan.
  • Pola makan yang kurang sehat. Misalnya sering mengkonsumsi makanan pedas.
  • Turunan/genetik. Seseorang yang memiliki riwayat radang usus pada kelurganya, maka akan lebih berisiko mengalami penyakit yang sama.
  • Stres.
  • Malfungsi pada sistem kekebalan tubuh.
  • Pola hidup yang kurang sehat. Selain pola makan, pola hidup juga sangat penting. Beberapa kebiasaan seperti merokok atau sering mengkonsumsi minuman beralkohol diyakini dapat mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan, salah satunya usus.
  • Lingkungan tempat tinggal. Umumnya penderita radang usus tinggal di lingkungan yang kumuh atau daerah industri.
  • Ras. Dari hasil penelitian, mengungkapkan bahwa orang yang memiliki ras kulit putih lebih berisiko mengalami radang usus. Di banding dengan orang berkulit hitam atau sawo matang.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Ada beberapa obat yang diyakini dapat memicu terjadinya radang usus, seperti OAINS dan pengobatan isotretinoin.

Radang usus tidak bisa dianggap sepele, hal ini karena jika peradangan telah parah, maka dapat menimbulkan adanya komplikasi serius. Seperti tukak atau ulkus, fistula, obstruksi usus, munculnya lubang pada usus, dehidrasi, kanker usus besar (kolon) dan lainnya.

8 Cara Mengobati Radang Usus Tanpa Operasi

Mengingat dampak yang ditimbulkan oleh radang usus terbilang berbahaya, maka dari itu kondisi ini harus segera mendapatkan pengobatan. Salah satunya dengan cara alami. Berikut 8 cara mengobati radang usus tanpa operasi. Di antaranya :

1. Kunyit

Cara mengobati radang usus tanpa operasi yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Tanaman bernama ilmiah Curcuma longa ini memang sudah sejak zaman dahulu dipercaya sebagai obat alami dalam mengatasi berbagai penyakit. Termasuk radang usus.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu memarut dua ruas kunyit, lalu tambahkan dengan secangkir air panas. Anda bisa menambahkan sesendok madu untuk menghilangkan rasa pait pada kunyit. Lakukan hal yang sama secara rutin dan teratur agar peradang cepat sembuh.

2. Mengkudu

Meski memiliki aroma dan bentuk yang khas, namun ada banyak manfaat yang terkandung dalam buah yang satu ini. Salah satunya dalam mengobati radang usus.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya peerlu menghaluskan 2 buah mengkudu yang telah matang, lalu peras airnya. Jika sudah, campurkan dengan satu sendok makan madu. Minum ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari dengan takaran 3 sendok makan sekali minum.

3. Daun kemangi

Cara mengobati radang usus tanpa operasi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan daun kemangi. Selain bisa dijadikan sebagai lalaban, daun kemangi juga memiliki sifat anti-inflamasi, dimana hal ini sangat cocok dalam mengatasi peradangan. Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung maupun dijadikan sebagai teh.

4. Daun sirsak

Selain mengandung antioksidan yang mampu mengatasi kanker, daun sirsak juga mengandung antibiotik alami yang mampu menghilangkan rasa nyeri akibat peradangan. Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu meminum air rebusan dari daun sirsak ini secara rutin dan teratur.

5. Jahe

Jahe bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada usus dan membantu dalam proses pencernaan. Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu meminum air rebusan dari jahe secara teratur.

6. Jinten

Cara mengobati radang usus tanpa operasi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jinten. Dalam beberapa penelitian, jinten dipercaya memiliki manfaat dalam mengatasi peradangan pada usus atau mukosa lambung.

7. Labu siam

Selain memiliki rasa yang enak, labu siam juga mengandung senyawa flavonoid yang mampu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, terutama usus. Cara pemanfaatannya sangat mudah. Anda bisa menjadikan labu siam sebagai makanan atau cemilan sehat dikala waktu senggang.

8. Rosemary

Cara mengobati radang usus tanpa operasi yang terakhir adalah dengan menggunakan rosemary. Tanamana yang memiliki nama ilmiah Rosmarinus officinalis ini memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, antiseptik, dan analgesik. Dimana sifat-sifat tersebut mampu mengatasi radang usus.

Itulah 8 cara mengobati radang usus tanpa operasi. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda, khususnya yang sedang mengalami gangguan pada sistem pencernaan.

 

Baca juga : 6 Obat Batuk Kering Paling Ampuh Yang Dengan Bahan Alami

 

Komentar

Komentar

error: Content is protected !!