6 Cara Alami Mengobati Sakit Maag Dengan Cepat & Ampuh

Mengobati Sakit Maag – Maag bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi. Dimana kondisi ini umumnya ditandai dengan adanya nyeri pada area ulu hati atau lambung. Selain itu, maag juga merupakan satu jenis penyakit yang sangat sering terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Termasuk anak-anak.

6 Cara Alami Mengobati Sakit Maag Dengan Cepat & Ampuh

Maag atau dalam istilah medis dikenal dengan dispepsia bisa bersifat ringan (singkat) dan tidak perlu penanganan khusus. Namun, jika sakit maag berlangsung terus menerus dan disertai dengan gejala lainnya. Seperti muntah, sulit menelan dan berat badan turun tanpa sebab, maka penderita harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter.

Maag dibedakan menjadi dua tipe, yaitu :

  • Maag akut (gastritis akut). Adalah terjadinya peradangan secara cepat pada lapisan lambung. Seseorang yang mengalami maag akut akan merasakan nyeri atau sakit yang bersifat sementara. Namun, jika kondisi tersebut terus dibiarkan dan terus berulang, maka memungkinkan menimbulkan masalah yang lebih parah lagi.
  • Maag kronis (gastritis kronis). Adalah gangguan pencernaan akibat peradangan pada dinding lambung yang muncul secara perlahan. Peradangan ini terjadi dalam jangka waktu yang lama. Sehingga gejalannya pun tidak terlalu signifikan.

Penyebab Maag dan Cara Mengobatinya

Penyebab maag berbeda-beda setiap pasiennnya, tergantung dengan jenis maag yang diderita. Namun, menurut data dari hasil beberapa pusat endokopi di Indonesia, diperkirakan da sekitar 7000 kasus sakit maag. Dimana lebih dari 85% merupakan dispepsia fungsional. Dispepsia fungsional ialah sakit maag yang tidak diketahui apa penyebabnya.

Ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu terjadinya maag. Di antaranya :

  • Pola hidup yang tidak sehat. Misalnya merokok, banyak minuman-minuman berkafein, beralkohol dan besoda, makan terlalu cepat dan dalam porsi banyak, makanan pedas, berlemak atau berminyak.
  • Gangguan saluran pencernaan atau adanya komplikasi medis tertentu. Misalnya GERD, peradangan lambung, pankreatitis, batu empedu, penyakit iskemia usus (berkurangnya aliran darah di usus), penyakit celiac atau kanker lambung.
  • Efek samping penggunaan obat-obatan. Misalnya obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) dan obat antiseprtik.
  • Faktor lain. Misalnya stres.

Meski sakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak terjadi. Namun jangan pernah menyepelekannya, karena sudah banyak penderita maag yang harus mengalami komplikasi bahkan harus kehilangan nyawanya akibat penyakit ini. Beberapa komplikasi tersebut diantaranya :

  • Penyempitan esofagus. Penyempitan esofagus dapat terjadi ketika seseorang sering mengalami sakit maag yang disebabkan oleh refluks asam lambung. Sehingga menyebabkan jaringan parut di kerongkongan dan mempersempit saluran tersebut.
  • Stenosis pilarus. Paparan asam lambung pada area pilorus (bagian antara lambung dan usus halus) dalam jangka panjang dapat menimbulkan jaringan parut. Selain itu hal ini juga akan mempersempit pilarus, sehingga makanan tidak bisa tercerna dengan baik.
  • Peritonitis. Kondisi ini disebabkan oleh paparan asam lambung di area peritoneum (lapisan tipis rongga perut). Paparan ini terjadi akibat rusaknya dinding lambung, sehingga asam lambung bocor ke area peritoneum dan menimbulkan peradangan.
  • Barrett’s esophagus. Kondisi ini terjadi akibat asam lambung terus menerus naik ke kerongkongan. Sehingga kondisi ini bisa memicu adanya sel kanker.

6 Cara Alami Mengobati Sakit Maag Dengan Cepat & Ampuh

Mengobati sakit maag tidak selalu harus dengan menggunakan obat-obatan diapotek. Mengingat obat tersebut pasti memiliki efek samping yang bisa menyebabkan kondisi anda menjadi lebih parah. Nah, sebagai alternatif lain, anda bisa mencoba mengatasi sakit maag dengan menggunakan cara alami. Dengan cara alami sudah pasti aman, karena tidak mengandung capuran zat kimia apapun di dalamnya.

Berikut 6 cara alami mengobati sakit maag dengan cepat & ampuh. Di antaranya :

1. Kunyit

Cara alami mengobati sakit maag yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa ini merupakan tanaman herbal yang banyak mengandung senyawa alami dan telah terbukti khasiatnya. Salah satunya dalam mengobati sakit maag.

Cara alami mengobati sakit maag dengan menggunakan kunyit cukup mudah. Anda hanya perlu memarut 2 sampai 3 ripang kunyit, kemudian tambah segelas air panas. Selanjutnya saring atau peras air ramuan (pisahkan dengan ampasnya). Jika sudah, anda bisa mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin dan teratur agar sakit maag tidak kembali lagi.

2. Kacang hijau

Tidak hanya enak saat dijadikan bubur, kacang hijau juga mengandung banyak senyawa alami didalamnya. Dimana senyawa tersebut mampu mengobati sakit maag dengan cepat. Cara alami mengobati sakit maag dengan menggunakan kacang hijau cukup mudah. Pertama rendam terlebih dahulu kacang hijau selama 30 menit. Kemudian rebus kacang hijau menggunakan tiga gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan menyisakan setengah dari jumlah air sebelumnya. Jika sudah, angkat dan makan kacang hijau bersaan dengan airnya. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari agar sakit mag tidak kembali lagi.

3. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-radang, dimana sifat ini dapat mengatasi sakit pada ulu hati dan masalah pencernaan lainnya. Cara alami mengobati sakit maag dengan menggunakan jehe cukup mudah. anda hanya perlu membuat minuman hangat dengan campuran jahe. Bisa diseduh dengan menggunakan air hangat maupun direbus.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa alami yang mampu menjaga pencernaan, termasuk dalam mengobati sakit maag. Cara alami mengobati sakit maag dengan menggunakan bawang putih cukup mudah. Pertama anda harus memarut 3 sampai 5 siung bawang putih. Kemudian campurkan dengan segelas air hangat lalu minum. Agar sakit maag cepat hilang dan tidak kembali kambuh, lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

5. Daun jambu biji

Selain dipercaya sebagai obat penghilang penyakit diare. Daun jambu biji juga bisa anda gunakan sebagai salah satu cara alami mengobati sakit maag. Ya, hal ini karena kandungan alami seperti flavonoid, saponin, antioksidan yang tinggi, dan senyawa anti-mutagenic yang ada di dalamnya.

Cara alami mengobati sakit maag dengan menggunakan daun jambu biji cukup mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun jambu biji dengan tiga gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan menyisakan dua gelas air saja. Minum air rebusan ini pada pagi dan malam hari. Agar sakit maag tidak kembali lagi, lakukan cara yang sama secara rutin dan teratur.

6. Pisang

Cara alami mengobati sakit maag yang terakhir adalah dengan menggunakan pisang. Tidak hanya memiliki rasa yang enak, pisang juga mampu mengobati sakit maag secara alami. Ya, hal ini karena pisang memiliki sifat anti bakteri yang dapat menghambat berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan sakit maag. Selain itu, pisang juga mampu menurunkan kadar asam lambung, sehingga sangat cocok di konsumsi oleh penderita maag.

Itulah 6 cara alami mengobati sakit maag dengan cepat & ampuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, khususnya bagi anda yang sedang mengalami sakit maag.

Baca juga : Obat Kelenjar Getah Bening TERLARIS

Komentar

Komentar

error: Content is protected !!