12 Tanaman Obat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman Obat – Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis dan tanah yang subur. Dimana hal ini membuat Indonesia dianugrahi berbagai tanaman. Salah satunya tanaman untuk obat.

12 Tanaman Obat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jauh sebelum adanya pengobatan medis, nenek moyang kita sudah menggunakan berbagai tanaman untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Baik penyakit luar maupun dalam.

Namun sayang, seiring dengan berjalannya waktu, sudah banyak orang yang meninggalkan pengobatan alami ini dan memilih pengobatan medis. Karena menganggap pengobatan medis lebih cepat dan mudah. Bahkan ada yang sampai ke luar negeri hanya untuk pengobatan.

Padahal jika pengobatan medis tersebut dilakukan dalam jangka waktu panjang, maka bukan tidak mungkin akan menimbulkan adanya berbagai penyakit lain. Belum lagi biaya yang harus anda keluarkan.

12 Tanaman Obat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, coba bayangkan jika anda menggunakan pengobatan alami (tanaman obat). Maka akan banyak manfaat yang bisa anda dapatakan. Mulai dari mudah, hemat biaya, terbebas dari zat kimia, tidak perlu takut atau khawatir akan efek samping dll.

Berikut 12 tanaman obat dan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Antara lain :

1. Daun cincau

12 Tanaman Obat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman obat yang pertama adalah daun cincau. Daun yang menjadi bahan dasar pembuatan es cincau ini memang sudah sangat jarang ditemukan. Padahal banyak khasiat yang terkandung di dalamnya, seperti obat demam, obat diabetes, radang lambung, bahkan mampu mengobati types.

2. Daun seledri

12 Tanaman Obat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun seledri merupakan salah satu jenis tanaman hijau yang rendah akan kalori. Dimana dalam 100 gram seledri hanya mengandung sekitar 16 kalori saja. Namun jika biasanya menjadikan daun seledri sebagai penambah aroma dalam masakan saja, anda salah. Ya, daun seledri juga mengandung berbagai vitamin dan zat besi, seperti vitamin A, C, B1, kalium, mineral dan zat besi. Dengan kandungan-kandungan inilah yang menjadikan daun seledri mampu menjadi salah satu tanaman obat.

Khasiat pada daun seledri yaitu : mengobati darah tinggi, mencegah pembentukan batu empedu, merilekskan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan. Bahkan menghindari adanya kanker pada perut.

3. Lidah buaya

12 Tanaman Obat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak mengenal tanamana yang satu ini ? tanaman yang memiliki duri ini memang sudah dikenal sebagai tanaman 1000 manfaat. Baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Seperti menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan rambut, mengobati serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan, sembelit dll.

4. Daun saga

Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan tanaman yang satu ini. Ya, daun saga banyak tumbuh disekitaran rumah, kebun ataupun ladang. Daun saga termasuk jenis tanaman gulma, dan biasanya mengganggu tanaman lain yang memang sengaja ditanam. Oleh sebab itu, daun saga sering dibabat habis oleh banyak orang.

Terlepas dari itu, ada banyak kandungan yang ada pada tanaman ini. seperti abrus lactone, asam abrusgenat, serta glycyrrhizin. Adapun kahasiatnya seperti mengobati sariwan, menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, menjaga kelembapan kulit mengobati hipertensi, menjaga kesehatan jantung dsb.

5. Kunyit

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcoma longa ini memang sudah terbukti kandungan dan khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Sehingga tidak heran jika banyak digunakan oleh masyarakat. Seperti dijadikan lulur untuk mencerahkan kulit, menjaga kesehatan kulit, mengatasi kesemutan, menghilangkah rasa gatal, menyembuhkan luka bakar. Bahkan kandungan antioksidan, anti-inflamasi dan anti-mikroba yang ada pada kunyit dapat mencegah kanker.

6. Sambiloto

Meski tanaman ini dikenal akan rasanya yang teramat pahit, namun ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman ini. Mulai dari melindungi organ hati dari efek negatif galaktosamin, mengobati polip, sampai bisa menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

7. Daun tempuyung

Bagi sebagian orang mungkin belum mengenal tanaman yang satu ini. Padahal tanaman yang memiliki nama ilmiah Sonchus arvensis ini memiliki banyak khasiat. Mulai dari mengatasi batu pada saluran kencing, bisul, rematik, memar, disentri, wasir, radang usus buntu, radang payudara, batu empedu dsb.

8. Temulawak

Tanaman obat selanjutnya adalah temulawak. Sudah menadi rahasiat umum jika temulawak dapat dijadikan sebagai tanaman obat. Tanaman yang hampir menyerupai kunyit ini sudah sejak jaman dahulu dipercaya mampu mencegah beberapa penyakit. Seperti terjadinya penggumpalan darah, menurunkan lemak darah, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Keji beling

Tanaman ini lebih dikenal oleh orang jawa sebagai tanaman “sambang geteh”. Tanaman ini mengandung banyak mineral, natrium, kalsium dan masih banyak lagi. Keji beling dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyaki. Di antaranya diare, kencing manis (diabetes), maag, batu ginjal, liver dan penyakit kronis lainnya.

10. Daun sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu tanaman obat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu kandungan yang terdapat pada daun sirsak adalah acetogenin. Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki sitotosik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat). Atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Selain itu, daun sirsak juga memiliki khasiat lainnya, seperti mengobati penyakit paru-paru, diabetes, kolesterol, asam urat, kista ovarium, termasuk kanker.

11. Jahe

Selain mampu memberikan rasa hangat pada tubuh, jahe juga mampu mengatasi berbagai jenis penyakit atau gangguan kesehatan. Mulai dari mengatasi masalah pencernaan, mengatasi mual, meredakan nyeri, mencegah penyakit kulit, anti peradangan, sampai mencegah adanya kanker.

12. Daun sirih

Tanaman obat yang selanjutnya adalah daun sirih. Ada dua jenis tanaman daun sirih, yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Meski demikian, kedua jenis daun sirih ini memiliki kandungan yang khasiat yang hampir sama. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Seperti mengatasi tekanan darah (hipertensi), stroke, mengatasi jerawat, mengatasi keputihan, bahkan menghilangkan bau badan.

Selain tanaman obat diatas, masih ada banyak tanaman obat lainnya yang bisa anda jadikan pengobatan alami. Misalnya sage, daun kumis kucing, jeruk nipis, ginkgo biloba, ginseng dan masih banyak.

 

Baca juga : 5 Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Ketika Datang Bulan Tanpa Obat

Komentar

Komentar

error: Content is protected !!