15 Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita – Menikah dan memiliki momongan merupakan impian setiap orang, baik pria maupun wanita. Sayangnya, tidak setiap pasangan bisa secara mudah dan cepat untuk memiliki momongan. Salah satunya akibat adanya masalah pada kesuburan.

Masalah pada kesuburan atau fertilitas adalah suatu kondisi, dimana wanita tidak bisa memproduksi sel telur dengan baik dan pria tidak bisa menghasilkan sperma dengan baik. Masalah kesuburan ini bisa terjadi pada salah satu pihak maupun kedua belah pihak.

Sebuah studi menunjukan bahwa masalah kesuburan pada pasangan bisa dipengaruhi oleh 40% dari pihak wanita, 40% dari pihak pria, dan 20% bisa akibat kombinasi keduannya atau mungkin akibat adanya kondisi medis lainnya.

Perlu anda ingat, tidak setiap pasangan yang belum dikaruniai momongan bisa dikatakan mengalami kelainan pada kesuburan. Pasalnya, tingkat kesuburan pada setiap orang berbeda-beda. Dan pasangan bisa dicurigai memiliki masalah pada kesuburan, jika pasangan tersebut telah menikah selama bertahun-tahun namun belum juga ada tanda-tanda kehamilan.

15 Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Meskipun ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan masalah pada kesuburan atau fertilitas. Namun tenang, berikut ini adalah 15 makanan yang mampu meningkatkan keruburan pada pria dan wanita. Antara lain :

1. Daun kemangi

Makanan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita yang pertama adalah dengan mengkonsumsi daun kemangi. Daun kemangi mengandung senyawa sineol dan zat arginin yang dipercaya mampu melakukan perbaikan kwalitas sperma pada pria. Selain itu, daun kemangi juga dipercaya mampu memperlancar keluarnya darah haid, dimana hal ini menyebabkan kesuburan wanita meningkat.

2. Buah citrus

Buah-buahan citrus atau keluarga jeruk-jerukan sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Hal ini karena buah-buahan citrus kaya akan vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu pelepasan sel telur dari ovarium dan menambah kualitas sperma pada pria.

3. Tauge atau kecambah

Tauge atau kecambah merupakan salah satu sayuran yang kaya akan antioksidan dan asam folat. Dengan begitu, pria yang mengkonsumsi tauge secara rutin dapat meningkatkan kesuburan sekaligus menjaga kualitas sperma tersebut.

4. Daging sapi

Makanan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita yang selanjutnya adalah daging sapi. Daging sapi merupakan sumber vitamin B12 dan zat besi. Vitamin B12 bermanfaat untuk menambah jumlah dan meningkatkan kualitas sperma pada laki-laki.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga bisa menjadi salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Hal ini lantaran sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan asparagus mengandung asam folat yang tinggi.

Tidak hanya itu, kandungan nutrisi dari sayuran hijau juga dapat meningkatkan pematangan sel telur pada wanita, menurunkan risiko keguguran, atau masalah genetik pada janin yang dikandung. Dan, membantu meningkatkan kwalitas sperma pada pria.

6. Telur

Makanan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita yang selanjutnya adalah telur. Telur mengandung banyaka vitamin D, kolin dan asam folat. Dimana semua nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem reproduksi pada wanita.

Namun perlu anda ingat, disarankan agar anda tidak mengkonsumsi telur dalam keadaan medium rare (setengah matang) atau bahkan mentah. Karena telur yang belum dimasak dengan merata mengandung sejumlah bakteri yang justru akan mengganggu sistem reproduksi itu sendiri.

7. Kacang brazil

Kacang brazil mengandung selenium, yang bisa anda jadikan sebagai penangkal radikal bebeas yang adapat merusak kualitas sperma. Pria yang kekurangan selenium ditakutkan adapat mengalami gangguan pada fungsi reproduksinya. termasuk menurunnya kualitas sperma.

Sedangkan pada wanita, kandungan selenium yang ada pada kacang brazil bisa membantu embrio janin saat melakukan pelekatan di dinding rahim dan mencegah terjadinya keguguran. Selenium juga berfungsi sebagai antikoagulan yang meningkatkan aliran darah ke rahim dan indung telur.

8. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat digemari masyarakat. Selain harganya yang relatif mutah, pisang juga memiliki rasa yang enak dan kaya akan vitamin serta nutrisi. Salah satu vitamin yang ada pada pisang adalah vitamin B6, yang membantu pertumbuhan sperma dan mengatur hormon agar tetap stabil.

9. Hati sapi

Makanan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita yang selanjutnya adalah hati sapi. Hati sapi merupakan sumber vitamin A terbanyak dibanding dengan sumber vitamin pada lainnya. Vitamin A berperan penting dalam memproduksi sprema bagi pria dan membantu menjaga kesuburan pada wanita.

10. Kubis brussel

Kubis brussel kaya akan asam folat yang bisa meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Selain itu, kubis brussel juga mengandung vitamin dan nutrisi yang tinggi. Sehingga bagus untuk rahim, karena dapat mencegah keguguran dan meningkatkan peluang bertahan hidup lebih besar lagi bagi sperma agar bisa terjadi pembuahan.

11. Alpukat

Selain pisang, alpukat juga bisa anda jadikan sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Hal ini lantaran alpukat mengandung banyak lemak tak jenuh dan juga asam folat yang bagus untuk meningkatkan kesuburan. Alpukat akan meningkatkan jumlah sperma pada pria dan mencegah adanya kecacatan pada tabung saraf janin pada wanita.

12. Kacang almond

Meski semua kacang bagus untuk program hamil, namun kacang almond merupakan jenis kacang yang paling bagus. Hal ini lantaran kacang almond mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3 yang menjadikannya sebagai makanan kesburan yang paling mujarab.

Selain itu, kacang almond juga dapat meningkatkan produksi sperma menjadi lebih banyak. Sehingga peluang terjadinya pembuahan pun semakin besar.

13. Madu

Selain mampu mencega sekaligus mengobati berbagai macam penyakit, madu juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Pasalnya, madu kaya akan asam amino serta mineral yang dapat menyuburkan sistem reproduksi serta merangsang fungsi ovarium.

14. Biji labu

Jika anda biasanya akan membuang biji labu karena dianggap tidak memiliki manfaat, anda salah. Justru biji labu sangat bermanfaat, terutama bagi anda yang tengah menjalankan program hamil.

Mengapa demikian ? Ini karena biji labu mengandung zing yang membantu menambah kualitas sperma dan sel telur agar menjadi tambah bagus. Biji labu juga membantu perkembangan sel di fase embrio, sehingga sangat penting dalam proses pembuahan.

15. Kurma

Makanan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita yang terakhir adalah kurma. Ada banyak sekali manfaat kurma bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Hal ini karena kurma mengandung sekitar 80% gula, lemak, protein, dan mineral (seperti zat besi, magnesium, tembaga, dan asam folat). Tidak hanya itu, kurma juga merupakan sumber kalium yang sangat baik dan kaya akan serat.

Dengan semua kandungan-kandungan yang ada pada kurma inilah yang membuat kurma sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Kurma akan meningkatkan jumlah sperma sekliagus menambah kualitas sperma menjadi lebih baik. Dan kurma juga akan menambah kesuburan pada wanita serta memperlancar proses persalinan.

Itulah 15 makanan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi anda dan juga pasangan yang ingin cepat-cepat memiliki momongan.

Baca juga :

Komentar

Komentar

error: Content is protected !!